CARA CEPAT MERAIH GELAR MAGISTER, DAN DOKTOR — (Tuntunan Praktis Menulis Tesis dan Disertasi)


SEBAGIAN KECIL DARI CUPLIKAN BUKU YANG TELAH  TERBIT TAHUN 2011 UNTUK CETAKAN PERTAMA

Metode Penelitian:

CARA CEPAT MERAIH GELAR MAGISTER, DAN DOKTOR
(Tuntunan Praktis Menulis Tesis dan Disertasi)

Oleh
Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.CH.,CHt.,pNNLP

PRAKATA

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM., M.SHOT.,CH.,CHt.,pNNLP, Lulus Program Doktor Hanya 18 Bulan, dengan  Nilai Kelulusan Cum Laude di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM., M.SHOT.,CH.,CHt.,pNNLP, Lulus Program Doktor Hanya 18 Bulan, dengan Nilai Kelulusan Cum Laude di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Penulis mengucapkan selamat kepada para pembaca yang akan, sedang atau telah menempuh studi di program pascasarjana atau sekolah pascasarjana dan telah mencapai tahap penulisan tesis atau disertasi. Penyelesaian tesis atau disertasi merupakan syarat kelulusan dalam program pascasarjana, program yang diikuti oleh hanya sebagian kecil masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat dunia.
Buku ini ditulis khususnya untuk mahasiswa yang akan atau sedang menulis laporan penelitian dalam bentuk tesis atau disertasi.

Pembahasan di dalam Blog ini  mengacu pada penulisan karya ilmiah dalam berbagai bidang dan berkaitan dengan masalah umum yang dihadapi oleh penulis tesis dan disertasi, khususnya mereka yang menulis berdasarkan cara menulis teks akademik dengan “format konvensional”, yang sumbernya berasal dari penulisan laporan penelitian di bidang sains dan bukan dengan “format posmodernisme”, yang akhir-akhir ini banyak di pakai oleh para penulis tesis atau teks akademik.

Tulisan  ini merupakan bagian dari pengalaman penulis menulis tesis dan disertasi, membimbing mahasiswa menulis skripsi, tesis dan disertasi, dan hasil kajian pustaka mengenai penulisan teks akademik. Buku ini juga merupakan bagian dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dalam menulusuri kesulitan mahasiswa dalam menulis tesis dan disertasi baik yang akan menulis, sedang dan sudah lulus program magister dan doktor. Selain itu, buku ini merupakan bagian dari hasil penelitian penulis dalam menyelesaikan program doktor di Sekolah Pascasarjana Universistas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Juga, buku ini merupakan bagian dari pengalaman penulis bertahun-tahun mengajar, berdiskusi dan memikirkan tentang penulisan skripsi, tesis dan disertasi dengan para dosen lainnya.

Inspirasi dan motivasi untuk menulis buku ini dipacu oleh keprihatinan penulis terhadap kenyataan bahwa banyak mahasiswa, khususnya mahasiswa pascasarjana, yang menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk menyelesaikan tesis atau disertasinya. Padahal penulis dapat menyelesaikan program magister kurang dari 2 (dua) tahun dan menyelesaikan program doktor di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung selama 2 (dua) tahun.

Kesulitan mahasiswa, dalam menulis disertasi khususnya, tercermin dari fakta hampir sebagian besar dari mahasiswa yang mengambil gelar program doktor drop out. Mereka bisa menyelesaikan mata kuliah, tetapi tidak dapat menyelesaikan persyaratan terakhir program Doktor, yakni disertasi. Berdasarkan kenyataan ini, maka munculah lecehan gelar mahasiswa abadi atau istilah Dr.(c) alias doktor can lulus wae.

Sebagian besar mahasiswa merasa kurang percaya diri untuk menulis karena menganggap ide yang dipikirkannya belum jelas. Mereka belum menyadari bahwa ide atau gagasan itu akan jelas kalau ditulis.

Buku ini didasari keyakinan bahwa menulis tesis dan disertasi tidaklah sulit, mahasiswa bisa menyelesaikan tepat waktu, sesuai ketentuan universitas, asal mahasiswa mempunyai komitmen yang tinggi, menulis secara teratur sejak awal kuliah di program pascasarjana, membaca secara teratur materi yang berkaitan dengan topik penelitian, memahami meteode penelitian, mempunyai rasa percaya diri yang tinggi bahwa dia bisa menulis, dan mendapat bimbingan serta masukan yang cukup dari pembimbing.
Penulis berharap buku ini dapat menjadi salah satu sumber yang dapat digunakan oleh mahasiswa yang akan atau sedang menulis tesis atau disertasi, terutama ketika mereka mengalami kebingungan dalam setiap tahap penulisan tesis atau disertasi, mulai dari merencanakan, mengumpulkan bahan, dan menulis setiap bab dalam tesis atau disertasinya.

Petunjuk penulisan tesis dan disertasi ini bukan resep serta dogma yang harus dilakukan. Tetapi mahasiswa bisa membaca sumber lain yang tentu banyak tersedia di toko buku atau perpustakaan tentang penulisan tesis dan disertasi, termasuk pedoman penulisan tesis dan disertasi Pascasarjana UPI Bandung, Pascasarjana UNINUS Bandung, Pascasarjana STKIP Garut, Pascasarjana Sekolah Tinggi Manajemen “IMNI” Jakarta, Pascasarjana UNIGAL Ciamis atau pedoman penulisan teks akademik yang ada di masing-masing universitas.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’iyyah & Konsultan Usaha Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLPContact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ *** 

Komentar ditutup.