PENDIDIKAN KARAKTER DI PONPES NURUL FIRDAUS


Pendidikan Karakter di Ponpes Nurul Firdaus

(CIAMIS, 31/07/2016). Pembangunan dalam bidang pendidikan dari sisi dasar hukum, baik itu melalui Undang Undang  Sistem Pendidikan Nasional, Rencana Strategi dan Peraturan Pemerintah, sebenarnya secara tegas sudah menekankan pentingnya pendidikan akhlak mulia dan jati diri bangsa, juga metodologi yang berbasis pada kreativitas, inovasi dan kewirausahaan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada perkembangan dan dalam kenyataannya saat ini, banyak pihak mempertanyakannya akibat semakin melemahnya hal-hal itu, sehingga Kementrian Pendidikan Nasional  dan Kebudayaan Republik Indonesia bertekad membuat gerakan baru, gerakan nasional bagi terciptanya kesadaran kolektif masyarakat mengenai pentingnya pendidikan moral, jati diri, karakter, budaya, dan akhlak mulia dari bangsa Indonesia.

Ponpes Nurul Firdaus sejalan dengan program pemerintah selalu berupaya mengedepankan kejujuran untuk diteladani generasi berikutnya agar terbangun budaya bangsa yang berkarakter jujur.

Pendidikan karakter dilaksanakan diluar dan dalam proses pembelajaran layanan pendidikan Ponpes Nurul Firdaus. Saat ini adalah sangat penting mendesak untuk diimplementasikan di berbagai tatanan, sebab pendidikan karakter merupakan upaya yang serius untuk menaggulangi krisis multidimensi yang sedang melanda bangsa kita.

Pendidikan  karakter di Ponpes Nurul Firdaus adalah upaya sengaja yang menolong orang agar memahami, peduli akan  dan bertindak atas dasar inti nilai-nilai etis. pendidikan karakter yang dilaksanakan diharapkan dapat membentuk kepribadian seseorang memiliki budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya.

Secara umum tujuan pendidikan karakter di Ponpes Nurul Firdaus adalah membentuk manusia secara utuh (holistik) yang berkarakter, yaitu mengembangkan aspek fisik, emosi, sosial, kreativitas, spiritual dan intelektual peserta didik secara optimal. Selain itu untuk membentuk manusia yang lifelong learnes (pembelajar sejati).

IMG20160722140649Pendidikan karakter di Ponpes Nurul Firdaus mengutamakan munculnya kesadaran pribadi peserta didik untuk secara ikhlas mengutamakan karakter positif. Pendidikan karakter mengarahkan peserta didik untuk menjadi manusia ulul albab yang tidak hanya memiliki kesadaran diri, tetapi juga kesadaran untuk terus mengembangkan diri, memperhatikan masalah lingkungannya, dan memperbaiki kehidupan sesuai dengan pengetahuan dan karakter yang dimilkikinya.

Manusia ulul albab adalah manusia yang dapat diandalkan dari segala aspek, baik aspek intelektual, afektif, maupun spiritual. Proses pembentukan karakter merupakan never ending process, maka keteladanan masih bisa kita harapkan hadir lewat gerakan pembentukan karakter secara bottom-up (mulai dari diri sendiri)dan top down .

Ponpes Nurul Firdaus berharap, agar secara bersama-sama bahu membahu untuk membangun bangsa dan negara Indonesia ini dengan mengerahkan berbagai kemampuan, usaha dan doa agar terbangun masyarakat madani sesuai dengan harapan kita.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’iyyah & Konsultan Usaha Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/***

Komentar ditutup.