DESA KERTARAHARJA: “DISERANG HAMA TIKUS”


DESA KERTARAHARJA-KEC. PANUMBANGAN – KAB. CIAMIS:

“SEKITAR LUAS 68 HEKTAR SAWAH DISERANG HAMA TIKUS BELUM MENDAPAT TANGGAPAN SERIUS PEMERINTAH……”

Ciamis (08/03/2011)

“Sekitar 68 hektar sawah di empat dusun (Dusun Panoongan, Dusun Cikopeng, Dusun Sukapulang Wetan, dan Dusun Sukapulang Kulon) Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis terserang hama tikus sejak dua bulan yang lalu. Kondisi padi di sawah rusak berat.” kata Memed, Ketua Kelompok Tani Dusun Cikopeng.

Memed menjelaskan bahwa masyarakat telah berusaha secara bersama-sama memberantas hama secara tradisional, namun dirasakan belum dapat mengatasinya, karena tidak sebanding antara luas lahan sawah dan jumlah perkembangbiakan tikus yang berlipat ganda. Secara manual dan racun tikus pun telah dilaksanakan untuk memerangi tikus, secara swadaya. Sampai hari ini belum mendapatkan tanggapan seriuh dari pihak kecamatan maupun pemerintahan desa.

Hal yang sama diungkapkan oleh Holil petani penggarap warga Dusun Panoongan, sawah garapannya diserang hama tikus sehingga menderita kerugian gagal panen. Ia berharap pemerintah dapat segera turun tangan. Sebelum kerusakan lebih parah lagi.

“Saya kemungkinan merugi untuk panen musim ini, disamping diserang hama tikus juga sering dilanda banjir langganan menggenangi sawahnya” tutur Holil dengan tatapan mata penuh harap.

Sampai berita ini di turunkan Kepala Desa Kertaraharja belum memberikan komentar tentang serangan hama tikus yang menyerang sawah milik warganya.***

“68 HEKTAR SAWAH DISERANG HAMA TIKUS BELUM MENDAPAT TANGGAPAN SERIUS PEMERINTAH……”

Komentar ditutup.