PONPES NURUL FIRDAUS FOKUS MENGEMBANGKAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN


“PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS-PANUMBANGAN FOKUS MENGEMBANGKAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN”

(CIAMIS,02/05/2016). Seiring dengan perkembangan jaman, tuntutan era global, dan sekaligus tuntutan masyarakat, Pondok Pesantren Nurul Firdaus di Tahun 2014 menambahkan program pendidikan umum dalam penyelenggaraan pendidikannya, dalam bentuk sekolah formal mulai Taman Kanak-kanak, SD, SMP, SMK dan bahkan memimpikan mendirikan Perguruan Tinggi.

Secara umum pesantren telah mampu membantu tercapainya penuntasan wajib belajar 9 tahun. Seiring dengan misi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya dalam pendidikan dasar dan menengah, pencapaian wajar dikdas tentang APK yang telah melampaui 96% lebih pada tahun 2008, maka langkah berikutnya adalah peningkatan mutu. Dalam rangka peningkatan mutu ini salah satu program yang dikembangkan adalah program Sekolah Berbasis Pesantren (SBP).

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM., Pimpinan Umum Ponpes Nurul Firdaus

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM., Pimpinan Umum Ponpes Nurul Firdaus

Menurut Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Pimpinan Umum Ponpes Nurul Firdaus menyatakan bahwa: “SBP di Ponpes Nurul Firdaus adalah program yang dimaksudkan sebagai upaya untuk memadukan dua keunggulan yang dimiliki oleh sekolah dan yang dimiliki oleh pesantren. Seperti diketahui, sekolah dan pesantren merupakan dua jenis satuan pendidikan yang masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain. Ketika berjalan sendiri-sendiri ada potensi dan kekuatan pendidikan yang tidak terpadukan.”

Sistem sekolah, sebagai jalur pendidikan formal memiliki fungsi sebagai wahana transformasi sosial budaya. Sementara pesantren mempunyai keunggulan sendiri, antara lain, misi pendidikannya lebih banyak ditekankan pada aspek moralitas dan pembinaan kepribadian“, kata Gumilar.

Program Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) RA, SMP, SMK, dst di Pondok Pesantren Nurul Firdaus, beralamat di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis, Prop. Jabar dikembangkan sebagai bagian upaya meningkatkan mutu pendidikan. Kehadiran Sekolah berbasis pesantren, merupakan bagian upaya melahirkan lulusan sekolah dengan tiga skills, yakni social skill, academic skill, dan vocational skill. Di sekolah mungkin terlalu berat kurikulumnya, atau tidak seimbang jam yang tersedia dengan kebutuhan yang diperlukan untuk tiga skill itu. Sekolah Berbasis Pesantren mungkin bisa menjadi jawaban dalam rangka mencapai tiga skill tadi. Harapannya, Sekolah Berbasis Pesantren menjadi embrio anak unggul dalam berbagai skill. Kemandiriannya bagus, agamanya bagus, nasionalismenya tinggi, moralnya bagus.

Sekolah Berbasis Pesantren di Pondok Pesantren Nurul Firdaus ini merupakan program kerja sama antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Kementrian Agama.

Studi kelayakan Sekolah Berbasis Pesantren secara nasional sudah dilakukan sejak tahun 2007. Pengembangan konsep telah diselesaikan pada tahun 2008. Namun Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) di Pondok Pesantren Nurul Firdaus baru didirikan pada tahun 2009, diawali dengan mendirikan RA (Raudhatul Athfal), PAUD, SMP dan SMK.

Sebaiknya Tonton Film Pendek di You Tube Lingkungan yang Nyaman, dan Asri….Tempat Rehabilitasi Mental Pondok Pesantren Nurul Firdaus klik di: https://www.youtube.com/watch?v=VlSE7UtN_v8***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, dan Ruqyah Syar’iyyah Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ *** 

Komentar ditutup.