LKP NURUL FIRDAUS: “One Day Training, Basic Training in Islamic Banking”


LKP NURUL FIRDAUS:

“Basic Training in Islamic Banking”

Ciamis (12/06/2011).

Pembiayaan yang dilakukan dengan akad yang sesuai syariah telah menjadi bagian dari tradisi umat sejak zaman Rosulullah SAW. Fungsi-fungsi perbankan modern yaitu menerima deposit, menyalurkan dana dan melakukan transfer dana telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan ummat Islam, bahkan sejak zaman Rosulullah.

Praktek perbankan syariah telah berkembang seiring perkembangan zaman mulai masa    Rosulullah, dan masa sahabatnya. Evolusi aktivitas perbankan dalam masyarakat Islam telah dirasakan manfaatnya oleh sebagian besar penduduk dunia.

Menurut Drs. HUSEN, Ketua Panitia Penyelenggaran One Day TrainingBasic Training in Islamic Banking (Minggu, 12/06/2011) bertempat di Ponpes Nurul Firdaus-Panumbangan menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenal lebih dekat tentang philosofy, sejarah, kelembagaan dan praktek bank syariah.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nurul Firdaus bekerjasama dengan Al-Iqtishad Learning Centre – Bandung dan Bank Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Ciamis. Diikuti oleh mahasiswa, ustad/da’i,  dunia usaha/industri, dan masyarakat umum”.  kata Husen.

Dalam acara pembukaan sambutan disampaikan oleh Dr. Gumilar, S.Pd.,MM (Pimpinan Umum Ponpes Nurul Firdaus) menyatakan: “Kegiatan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan latihan mutlak diperlukan untuk menciptakan multyplayer effect, salah satunya untuk  peningkatan kesejahteraan ummat.”

Gumilar menjelaskan bahwa kondisi realistik dalam kegiatan perekonomian menunjukkan bahwa masyarakat Islam pengguna perbankan sudah semakin meningkat jumlahnya mempercayai menggunakan pelayanan jasa bank-bank syariah dibandingkan bank konvensional. Karena mereka yakin bank syariah dapat menghidari unsur riba, yang  diharamkan menurut ajaran agama Islam.

“PT Bank Mandiri terdepan memberikan layanan kepada nasabahnya agar  nasabah memiliki kepuasan yang tidak terbatas. Berbagai macam produk diluncurkan oleh Bank Mandiri dengan berbagai  manfaat, salah satunya program Dana Talangan Haji Mikro Mandiri untuk memfasilitasi para calon jemaah haji untuk segera berangkat haji”, kata Hasym Mahmud, S.Pd., mewakili Direktur PT Bank Mandiri Kantor Cabang Kabupaten Ciamis menjadi nara sumber untuk mengisi materi diklat ini.

Dalam proses pembelajaran One Day Training nara sumber utama disampaikan oleh: Latief Awaludin, S.Hi., M.Hi., MA dan Muhamad Iqbal Rachman, SE., dari Al-Iqtisad Learning Centre – Bandung. Dalam pelatihan ini terungkap beberapa hal yang sangat penting yang dapat diperoleh peserta, diantaranya pengetahuan (cognitif), sikap (afektif), keterampilan (skill) dan nilai-nilai keagamaan (value) tentang philosofy, sejarah, kelembagaan dan praktek layanan bank syariah.

Sementara itu Yudi Setiana, S.Ag.,M.Pd.I.,CH., C.Ht., selaku Direktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nurul Firdaus menyatakan bahwa lembaga yang ia pimpin akan tetap konsen untuk mengembangkan fungsi, tugas dan tanggungjawabnya sebagai lembaga kursus dan pelatihan untuk masyarakat pengguna.

One Day Training:  Basic Training in Islamic Banking ini merupakan bagian dari upaya da’wah yang ditujukan untuk peserta yang terdiri dari para praktisi ekonomi syariah, mahasiswa, da’i/ustad, dan masyarakat umum, sehingga mereka dapat menularkan lagi pada ummat Islam lainnya” kata Yudi sambil tersenyum.

Sementara menurut  ustad Yaya, salah satu peserta diklat menyatakan rasa puas setelah mengikuti acara ini. Ia berharap dapat mengimplementasikan di lingkungannya.

Acara diklat ditutup dengan beberapa Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan dilakukan peserta di lingkungan kerjanya, dan diakhiri dengan doa bersama.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’iyyah & Konsultan Usaha Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8,

Komentar ditutup.