Teknik “Chair Therapy” Efektif Menyembuhkan “Rasa Bersalah”


Hypnosis SHOT-Indonesia:

Teknik “Chair Therapy” Efektif Menyembuhkan “Rasa Bersalah”

Chair Therapy--Hypnosis SHOT-Indonesia

Teknik “Chair Therapy” Memberikan Kesempatan kepada Seseorang untuk Memperbaiki Kesalahannya dengan Harapan dapat Me-release Beban Psikologisnya.

(CIAMIS,11/08/2016). Gangguan psikologis dapat terjadi karena berbagai hal dalam kehidupan ini. Salah satunya adalah “rasa bersalah” kepada orang lain, dimana si pelaku tidak lagi memiliki kesempatan untuk meminta maaf kepada orang yang bersangkutan. Kasus semacam ini dapat terjadi antara seorang pemuda dan kekasihnya yang mungkin telah meninggal, atau seseorang yang merasa memiliki kesalahan besar terhadap orang-tuanya dan saat ini tidak lagi mengetahui dimana yang bersangkutan berada? Dan sebagainya.

Contoh kasus :

Seorang  Pemuda dari Tasikmalaya melakukan perjalanan wisata ke beberapa kota di Pulau Bali sendirian tanpa mengajak kekasihnya. Tiba-tiba mendapat telpon dari Ayahnya yang mengabarkan bahwa kekasihnya  secara mendadak di rawat di rumah sakit akibat kecelakaan lalu-lintas dan telah meninggal dunia. 

Dapat dibayangkan betapa besar penyesalan yang muncul dari diri Pemuda itu? Selanjutnya dalam sisa hidupnya ia dapat menghukum dirinya sendiri secara terus-menerus karena peristiwa ini. Jika waktu dapat diulang, maka ia akan meminta maaf kepada kekasihnya.

***

Untuk menyelesakan kasus semacam ini Hypnotherapi biasa menerapkan suatu teknik yang dikenal dengan istilah “Chair Therapy” atau terapi kursi. Kenapa dinamakan terapi kursi? Karena dalam konsep terapi ini nanti akan terdapat 2 buah kursi dan masing-masing akan berisikan kedua pelaku dalam cerita dimaksud. Misalkan seorang pemuda dan gadis kekasihnya, yang mungkin sesungguhnya sudah meninggal dunia.

Teknik Chair Therapy memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memperbaiki kesalahannya dengan harapan dapat me-release beban psikologisnya. Dalam teknik Chair Therapy ini seorangHypnotherapi harus membantu untuk melakukan proses “leading” agar proses berjalan dengan sebagaimana yang diharapkan, bukan menjadi semakin memperparah keadaan.

Teknik Chair Therapy juga dapat diterapkan untuk media komunikasi antara kedua pribadi Klien yang bertentangan, atau teknik Parts Therapy yang diviualkan berupa komunikasi antara kedua belah pihak.

Teknik Chair Therapy merupakan salah bentuk dari terapi Gestalt dalam Psikologi.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’iyyah & Konsultan Usaha Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8**

Komentar ditutup.