ATASI ANAK MOGOK SEKOLAH MELALUI HYPNOTHERAPI


HIPNOSIS SHOT-INDONESIA:

Atasi Anak Mogok Sekolah Melalui Hypnotherapi

GUMILAR

Hypnotherapi untuk anak mogok sekolah yaitu ahli hipnotis memprogram pikiran bawah sadarnya anak agar menyadari bahwa sekolah adalah kebutuhan dan keinginannya sebagai sebuah konsekwensi hidup.

CIAMIS (22/09/2015) Orang tua sering  pusing pada saat anak kesayangannya mogok sekolah, berpindah-pindah sekolah, dengan berbagai alasan. Pendekatan apapun agar anak mau sekolah sudah diberikan baik dengan memberikan fasilitas berlebih, perlakuan perhatian yang berlebih tetapi tetap tidak berhasil. Hypnotherapi bisa diadikan salah satu alternatif untuk solusi mengatasi anak mogok sekolah.

Pendekatan hypnotherapi untuk anak mogok sekolah adalah ahli hipnotis memprogram pikiran bawah sadarnya agar menyadari bahwa sekolah adalah kebutuhan dan keinginannya sebagai sebuah konsekwensi hidup. Pada saat pikiran bawah sadarnya sudah diprogram maka secara sadar atau tidak sadar anak mau sekolah karena sebagai sebuah kebutuhan dan keinginan dasar pribadinya.
Cari Penyebab dan Jalan Keluarnya

Jika bukan terjadi di awal tahun, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya seperti ada teman yang usil; guru yang tidak suportif (bersikap galak, mencubit); kegiatan sekolah yang kurang cocok; masalah bahasa (pada anak yang baru mempelajari bahasa, selain bahasa yang dipakainya sehari-hari); kebiasaan yang berbeda; kejadian traumatik (jatuh, kecelakaan, tindak kekerasan); perubahan dalam kehidupan keluarga/di rumah (pindah rumah, kelahiran adik baru, perceraian orangtua, pertengkaran rumah tangga); dan lain-lainnya.

Untuk mencari informasi, orangtua dapat menggalinya dari anak. Cari waktu yang tepat. Cobalah tanya langsung kepada anak, sehingga kita bisa menggali alasannya mogok. Selain itu, kita juga bisa mencari informasi kepada guru atau pengasuh yang setiap hari bersamanya. Dengan begitu, informasi yang didapat bisa lebih tepat dan akurat.  Setelah penyebabnya diketahui, cobalah cari jalan keluarnya. Jangan segan untuk meminta bantuan guru, pengasuh, dan psikolog guna mendapatkan solusi terbaik.

Tetap Suportif

Cobalah pahami apa yang dialami anak. Berikan empati; saat dia dijahili temannya, orangtua dapat memberikan dukungan sekaligus menegaskan, tindakan temannya itu keliru.

Mengajari Anak Berani Mengungkapkan Pendapat dan Perasaannya

Bila ada peristiwa yang dapat menurunkan motivasinya bersekolah, maka ia bisa langsung bercerita. Biasakan juga setiap hari orangtua menanyakan apa saja yang anak lakukan di sekolah, serta bagaimana perasaannya saat itu. Hal ini akan membantu anak untuk terbiasa mengekspresikan dirinya secara baik.

Bekali Anak dengan Pengetahuan tentang Berbagai Kejadian yang Mungkin akan Dialami Ketika Berada di Sekolah

Dari peristiwa yang bersifat positif (kegiatan yang menyenangkan, guru dan teman yang baik) sampai peristiwa yang bersifat negatif (teman yang bandel/usil, tak sengaja jatuh ketika berlari, guru yang tidak sempat membantu ketika membuat tugas).

Beritahu Anak Apa yang Harus Ia Lakukan Terutama Jika Mengalami Hal-hal yang Tidak Mengenakkan

Misal, “Jika ada teman yang menarik tanganmu, kamu bilang dulu sama temanmu, ‘Jangan begitu, aku enggak suka, tanganku jadi sakit.’ Nah, kalau teman kamu tetap menarik-narik tanganmu, maka kamu bisa bilang kepada Ibu Guru tentang hal itu. Jangan lupa, di rumah kamu cerita sama Mama dan Papa ya, Nak.”

Ajari Anak untuk Mengatakan Tidak/menolak Perilaku Orang Lain yang Tidak Diinginkannya

Berilah contoh perilaku-perilaku yang tidak diinginkan itu dan bagaimana cara menolaknya. Misal, jika ada teman yang mencoret kertas miliknya, ajari anak untuk berkata, “Kamu jangan mencoret punyaku. Coret di kertasmu saja.” Bila cara ini tetap tidak berhasil dan teman itu tetap mengganggu, ajari anak untuk mendatangi gurunya dan mengadukan kejadian tadi.

FIQRI NURUL FIRDAUS

Hypnotherapi Memprogram Pikiran Bawah Sadar Anak Agar Senang Belajar

Memperkuat Daya Tahan Psikologis Melalui Hypnotherapi

Program pikiran bawah sadar melalui hypnotherapi dinilai efektif  mengubah dari dalam dirinya. Dengan begitu, anak akan lebih tahan saat menghadapi berbagai peristiwa traumatis yang mungkin terjadi. Antara lain:

  • Membentuk rasa percaya diri anak dalam menghadapi berbagai tuntutan.
  • Menerapkan pola asuh yang tepat sehingga anak tahu mana yang salah dan benar.
  • Menggali dan mendukung kemampuan anak di berbagai bidang sehingga ia memiliki rasa kompetensi (bisa melakukan sesuatu).
  • Memberikan waktu khusus berkualitas untuk mencurahkan kasih sayang meski orangtua sibuk.
  • Setia mendengarkan pemikiran dan perasaan anak. Dengan begitu, anak akan merasa ada sosok yang dapat melindungi dan bisa dijadikan tempat curhat.
  •  Mendorong anak untuk mandiri sesuai kemampuannya. Misalnya, membereskan mainan/alat tulisnya, menggosok gigi, makan, dan menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri sesuai kemampuan. Semuanya dilakukan sendiri dengan bantuan minimal dari orang dewasa.
  • Tidak mencap/menilai anak secara negatif.

Melayani  Hypnotherapi & Hypnotis Training HubungiDr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP,

Alamat: Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ ***

Komentar ditutup.