PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS DALAM SEJARAH INDONESIA


PONPES NURUL FIRDAUS:

PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS DALAM SEJARAH INDONESIA

Tahapan Pertama Pembangunan Gedung Nurul Firdaus 2015

Tahapan Pertama Pembangunan Gedung Nurul Firdaus Tahun 2010

(CIAMIS, 26/09/2015). Ponpes Nurul Firdaus didirikan dengan dasar pemikiran yang sangat sederhana dan selanjutnya menjadi rumit, salah satunya berawal dari sebuah pemikiran setelah memperdalam dan memaknai Al-Qur’an, Hadist, dan keteladanan Nabi Muhamad, SAW, sejarah perkembangan Islam di dunia, membandingkan agama, dan perjalanan hidup para Wali dan lain sebagainya. 

Keberanian yang luar biasa dan berpikir strategis para pendiri pesantren di Indonesia sejak zaman penjajahan hingga sekarang telah mewariskan Pondok Pesantren yang sangat besar dengan jutaan umat tersebar di penjuru Nusantara bahkan dunia.
Terinspirasi para pendiri pesantren yang memiliki keberanian luar biasa dan berpikir dan bertindak strategis sehingga Dr. Gumilar, S.Pd., MM., CH.,CHt.,PNNLP  mungkin berpikir dan bertindak bodoh dengan segala kekurangan dan  keterbatasannya berani menganggung resiko untuk memulai merintis Ponpes Nurul Firdaus.
Gumilar mulai  Tahun 2000 menghadap Notaris Drs. Abu Kasim, SH, tepatnya tanggal 18 September Tahun 2000 dengan Nama Yayasan R. Gahara, serta mendaftarkannya ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kabupaten Ciamis, Nomor 85 Tahun 2000. Namun niat dan keinginannya baru bisa terwujud Tanggal 05 Juli Tahun 2009 (bertepatan tanggal lahir Gumilar) mendirikan Pondok Pesantren Nurul Firdaus, di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis, Jabar, Indonesia.
Foto Santri Melaksanakan Kegiatan Akademik dan Non Akademik Terjadwal dengan Ketat 2015

Foto Santri Melaksanakan Kegiatan Akademik dan Non Akademik Terjadwal dengan Ketat  Tahun 2015

Gumilar teringat juga, apabila seseorang memiliki kebutuhan  (need) dan keinginan (want) untuk mewujudkan sesuatu kata Aa Gym (Abdullah Gymnastiar) Pendiri Ponpes Daarut Tauhid-Bandung  dalam Management Qolbu menyatakan: Mulai dari yang kecil, Mulai dari Sekarang, Berdoa, Berusahalah dan  Tawakal Kepada Allah

Langkah PERTAMA (Tahun 2010-2011) yang dilakukan  Dr. Gumilar, S.Pd.,MM untuk mendirikan Ponpes Nurul Firdaus adalah:
  1. memohon kepada Allah SWT agar meridloi keinginannya mendirikan Ponpes Nurul Firdaus dapat bermanfaat untuk umat di dunia.
  2. Menganalisis potensi Analysis Internal dan Analysis External, menggunakan berbagai alat analisis, diantaranya balancescorcard analysis,  potter analysis, SWOT Analysis  dsb.
  3. Menentukan visi, misi, tujuan, program Pondok Pesatren Nurul Firdaus yang dapat tercapai, terukur, dan selalu aktual sesuai perkembangan zaman.
  4. Merekrut lulusan Ponpes Suryalaya baik ustadz, sarjana, dan magister untuk menjadi ujung tombak perintisan pembangunan Ponpes Nurul Firdaus. Tercatat alumni Ponpes Suryalaya yang telah memberikan andil bagi Ponpes Nurul Firdaus adalah golongan anak muda berbakat, cerdas dan ulet yaitu: Maman Usman, S.Ag., Cecep Ali Saepul Malik, S.HI, Agus Ruhyat, S.HI, Emug Muchsin, S.Ag.,M.Pd., Yudi Setiana, S.Pd.,M.Pd.I, Lala Manggala, S.Pd.I., Apep Saepulloh, S.Pd.I, Rohdian Al-Ahad, Aceng Apip Saepulloh, Abdul Qodir, Hafid As-Syifa, S.Pd.I,. Ana Afiani, S.Pd.I, Asep Ruli Sugiarto, S.HI, Ade Nururi, S.Pd.I, dan lain sebagainya.
  5. Menempatkan para alumni Ponpes Suryalaya di beberapa lembaga baru di Ponpes Nurul Firdaus diantaranya di : SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), Kopontren (Koperasi Pondok Pesantren, LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan), RA (Raudatul Athfal), LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Asing), dan seterusnya.
  6. Melakukan pembinaan dan pengembangan serta peningkatan kemampuan SDM untuk mengelola Ponpes Nurul Firdaus.
  7. Melengkapi sarana prasarana pendukung pelayanan untuk publik sesuai kemampuan.
  8. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama membangun Ponpes Nurul Firdaus.
  9. Dan beberapa strategi lain yang terus dicoba diimplementasikan agar terjadi akselerasi pembangunan Ponpes Nurul Firdaus sesuai visi dan misi.
Proses Membangun Gedung Kantor Ponpes Nurul Firdaus Tahun 2015 senilai lebih dari 2 (dua) Milyar Dibangun Bertahap.

Proses Membangun Gedung Kantor Ponpes Nurul Firdaus Tahun 2015 senilai lebih dari 2 (dua) Milyar Dibangun Bertahap.

Langkah KEDUA (Tahun 2011-2015) yang dilakukan  Dr. Gumilar, S.Pd.,MM untuk mengembangkan Ponpes Nurul Firdaus adalah:

  1. Memohon kepada Allah SWT agar meridloi keinginan mengembangkan pembangunan Ponpes Nurul Firdaus dapat bermanfaat untuk umat di dunia.
  2. Menganalisis secara berkesinambungan potensi Analysis Internal dan Analysis External, menggunakan berbagai alat analisis, diantaranya balancescorcard analysis,  potter analysis, SWOT Analysis  dsb.
  3. Merealisasikan visi, misi, tujuan, program Pondok Pesatren Nurul Firdaus yang dapat tercapai, terukur, dan selalu aktual sesuai perkembangan zaman.
  4. Merekrut lulusan berbagai perguruan tinggi baik dari ITB (Institut Teknologi)  Bandung, UPI Bandung, UNPAD, dan pesantren besar untuk ditetapkan sebagai team managerial baik ustadz/guru/dll yang berijasah sarjana, dan magister untuk menjadi ujung tombak perintisan pembangunan Ponpes Nurul Firdaus.
  5. Melakukan pembinaan dan pengembangan serta peningkatan kemampuan SDM untuk mengelola Ponpes Nurul Firdaus.
  6. Melengkapi sarana prasarana pendukung pelayanan untuk publik sesuai kemampuan.
  7. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk bersama-sama membangun Ponpes Nurul Firdaus.
  8. Dan beberapa strategi lain yang terus dicoba diimplementasikan agar terjadi akselerasi pembangunan Ponpes Nurul Firdaus sesuai visi dan misi.
Ponpes Nurul FirdausTentunya bukan hal yang mudah mewujudkan pembangunan Ponpes Nurul Firdaus, pernyataan miring, dan upaya tantangan serta lainya datang menghambat mengecilkan semangat. Namun Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP yakin ada Yang Maha Tahu, dan Maha Pemberi….bahwa Ponpes Nurul Firdaus seiring proses waktu dan perkembangan jaman akan terbukti menjadi pondok pesantren yang besar dan disegani.
 
Pondok Pesantren Nurul Firdaus secara bersama-sama akan berkembang semakin besar dan semakin baik dengan Ridhlo dari Allah SWT. Amin…***
————————————————————————
Sebaiknya Tonton Film Pendek di You Tube Lingkungan yang Nyaman, dan Asri….Tempat Rehabilitasi Mental Pondok Pesantren Nurul Firdaus klik di: https://www.youtube.com/watch?v=VlSE7UtN_v8***

Melayani Hypnotherapi & Hypnotis Training Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ ***

Komentar ditutup.