PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS MEMBANGUN MULTI META KECERDASAN SINERGI


PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS MEMBANGUN MULTI META KECERDASAN SINERGI

IMG20160506155710(CIAMIS,13/05/2016). Pondok Pesantren Nurul Firdaus sejak awal berkomitmen untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki multi meta kecerdasan yang sinergi.

Gumilar Mendirikan Yayasan Hypatia Gahara untuk melaksanakan komitmen itu melalui lembaga di bawahnya mulai dari RA (Raudhatul Athfal), PAUD (Pendidikan Anak  Usia Dini), SMP (Sekolah Menengah Pertama) Berbasis Pesantren, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Program Studi Kesehatan -Farmasi, Pondok Pesantren Salafiyah, BMT (Baitul wa Tamwil), Hypnosis SHOT-Indonesia, dst.

IMG20160506095408Pimpinan Umum Ponpes Nurul Firdaus, Dr. Gumilar, S.Pd.,MM mengatakan bahwa: “Ponpes Nurul Firdaus dalam kinerjanya berfokus pada hal yang berkaitan dengan kreativitas yang dimiliki anak, kita juga dapat mengembangkannya melalui berbagai kecerdasan yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap anak, diantaranya yang berkaitan dengan kecerdasan jamak (multiple intelligences).”

Gumilar menjelaskan Multiple Intelligence yang dikembangkan melalui pendidikan formal, dan non formal di Ponpes Nurul Firdaus yang terdiri dari 8 jenis kecerdasan yang meliputi:

Kecerdasan Verbal/Linguistik

Kecerdasan ini dapat diketahui melalui kegiatan bercakap-cakap, berdiskusi dan membaca serta kemampuan dalam menggunakan kata-kata secara efektif, lisan atau tulisan. Berbagai cara dalam menumbuhkan kecerdasan ini adalah dengan membaca, menulis, maupun bercerita.

Kecerdasan Visual-Spatial

Kecerdasan ini melibatkan kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ukuran, ataupun luas, seperti yang dilakukan dalam kegiatan melukis, menggambar, dll.

Kecerdasan Musik Irama

Yaitu kepekaan dalam mendengarkan suara, musik, dan suara lainnya.

Kecerdasan Kinestetik dan Gerakan Tubuh ( bodily – kinesthetic)

Berkaitan dengan kepekaan dan keterampilan dalam mengontrol koordinasi gerakan tubuh melalui gerakan motorik kasar dan halus, seperti menggunakan alat-alat secara terampil, melompat, berlari, melakukan gerakan senam atau gerakan menari dll.

Cerdas Matematika dan Logika

Berkaitan dengan kepekaan dalam hitungan dan berpikir abstrak serta logis dan ilmiah.

Cerdas Sosial

Dapat ditunjukkan melalui kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, bekerja sama, serta segala sesuatu yang melibatkan hubungan dengan orang lain disekitarnya.

Cerdas Diri

Yaitu kepekaan dalam melakukan instrospeksi terhadap diri sendiri dan membandingkannya dengan kelemahan dan kekuatan orang lain.

Kecerdasan Naturalis

Berkaitan dengan kepekaan dalam mengapresiasi alam dan lingkungan sekitar. Tugas kita, orangtua maupun guru sebagai pendidik adalah berusaha sebaik mungkin untuk menemukan dan mengembangkan sebanyak mungkin kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing anak yang dapat mendukung kemampuan kreativitasnya.

Dalam proses pembangunan dan pengembangan Ponpes Nurul Firdaus masih menemukan berbagai macam kendala. Namun Gumilar berupaya menjawab semua permasalahan dengan melibatkan berbagai pihak yang peduli.

Tonton Vidieo Ponpes Nurul Firdaus di You Tube Gumilar Panumbangan, klik link: https://www.youtube.com/watch?v=VlSE7UtN_v8***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, & Ruqyah Syar’iyyah Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8, atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ *** 

Komentar ditutup.