CARA MENGONTROL RASA CEMAS BERLEBIHAN — (Anxiety Depressan)


CARA MENGONTROL RASA CEMAS BERLEBIHAN— (Anxiety depressan)

IMG20160506095117(CIAMIS,15/06/2016). Timbulnya rasa cemas yang biasa atau cemas berlebihan memang bukan sesuatu yang aneh saat sedang dirundung masalah. Namun, rasa cemas yang sudah memengaruhi rasa bahagia jelas bukan hal yang baik.

Menurut para peneliti University of Surrery, rasa cemas adalah lingkaran pemikiran negatif yang tidak dapat dikontrol. Untuk mengatasinya, coba lakukan tujuh cara mudah di bawah ini.

  1. Tulis Hal-hal yang Menimbulkan Rasa Cemas
    Mencurahkan hal-hal yang menimbulkan rasa cemas lewat tulisan ternyata mampu membuat Anda merasa lebih tenang. Peneliti dan profesor bidang psikologi di University of Chicago Sian Beilock mengatakan, menuliskan rasa cemas dapat meringankan stres akan sebuah masalah.
  2. Buat Jadwal untuk Merasa Cemas
    Alih-alih membiarkan rasa cemas menghantui sepanjang hari, coba buat “jadwal” yang membolehkan Anda untuk memikirkan berbagai masalah yang sedang dihadapi. Habiskan waktu 30 menit untuk mengidentifikasi sumber rasa cemas dan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.
  3. Kurangi Waktu Online
    Percaya atau tidak, internet justru membuat rasa cemas semakin parah. Melihat profil media sosial orang lain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dengan kehidupan yang dimiliki. Tidak heran jika semakin banyak waktu yang dihabiskan online, semakin mudah pula Anda merasa cemas.
  4. Terapkan Gaya Hidup Sehat
    Gaya hidup memiliki pengaruh yang sangat besar pada kondisi mental Anda. Hal itu yang membuat orang-orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat cenderung lebih murah merasa cemas. Mulai saat ini, coba untuk terapkan gaya hidup yang lebih sehat. Konsumsi makanan yang penuh nutrisi serta kurangi konsumsi alkohol dan kafein yang dapat memicu rasa khawatir.
  5. Coba Meditasi
    Beristirahat sejenak untuk bermeditasi juga dapat menenangkan hati lho. Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Social Cognitive and Affective Neuroscience menunjukkan bahwa meditasi tidak hanya “mengobati” rasa cemas, tetapi juga mengontrol emosi dan pikiran.
  6. Sibukkan Diri
    Salah satu cara untuk membuat diri Anda tidak dirundung rasa cemas adalah selalu menyibukkan diri. Melakukan aktivitas yang dapat membuat tangan sibuk dan pikiran teralihkan, menurut Medical Research Council di Inggris, dapat membantu mencegah diri untuk mengingat hal-hal yang menimbulkan rasa cemas.
  7. Biasakan Berolahraga
    Olahraga adalah cara yang efektif untuk melawan rasa cemas dan stres. Ini karena olahraga dapat memengaruhi aktivitas “happy chemical” serotin pada otak. Tidak hanya itu. Jadi, tidak ada salahnya untuk lebih rutin berolahraga. Selain membuat tubuh sehat, Andapun dapat menjadi seseorang yang lebih tenang dan bahagia.

Jika kecemasan berlebihan berlanjut tidak bisa diatasi secara mandiri segera Anda meminta bantuan kepada sahabat atau ahlinya untuk membantu menyelesaikan rasa cemas. Pendekatan melalui hypnotherapi, dan ruqyah syar’iyyah efektiff untuk membantu menghilangkan rasa cemas berlebihan.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, dan Ruqyah Syar’iyyah Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8,atau https://drgumilar.wordpress.com/2014/01/15/hypnosis-shot-indonesia/ *** 

Komentar ditutup.