GOLONGAN JIN


GOLONGAN JIN

Sesungguhnya Bangsa Jin Terdiri dari Banyak Golongan

Sesungguhnya Bangsa Jin Terdiri dari Banyak Golongan

(CIAMIS,19/09/2016). Jin berbeda dengan malaikat, dimana semua malaikat pasti beriman. Seperti juga manusia, sesungguhnya bangsa Jin terdiri dari banyak golongan, tetapi dipisahkan dalam 2 kelompok besar, yaitu:

  1. golongan pertama, yang beriman kepada Allah dan telah menjadi mukmin;
  2. golongan kedua, yang bangkang kepada Allah, biasa disebut kafir.

Mari kita lihat ayat Al-Jin: 11: Artinya : Dan bahwasanya di antara kami (bangsa Jin) ada orang-orang yang sholeh, dan adapula yang tidak demikian. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.

Kewajiban Jin sama dengan kewajiban manusia, yaitu menyembah Allah dan melaksanakan seluruh perintah-Nya, seperti tertuang dalam surat Adz-Dzariyat: 56: Artinya : Dan Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

Allah Akan Berikan Balasan Kepada Manusia & Jin Neraka

Allah Akan Berikan Balasan Kepada Manusia & Jin Neraka

Demikian juga balasan atas segala pengingkaran manusia dan Jin lakukan, Allah akan berikan balasan kepada manusia dan Jin neraka yang sama seperti dalam Al-Quran surat Al-A’rof: 179: Artinya : Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari Jin dan manusia (untuk mereka yang kafir).

Jin yang beriman dalam proporsi yang sama dengan yang kafir, keberadaan jin yang beriman ini banyak disebutkan dalam Al-Qur’an diantaranya dalam surat Al-Jin: 1-2:  Artinya : Katakanlah hai Muhammad, ‘Telah diwahyukan kepadaku, bahwa sekelompok Jin telah mendengar Al-Qur’an, lalu mereka berkata: Kami telah mendengarkan pembacaan Al-Qur’an yang menakjubkan. Yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar. Lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorangpun dengan Tuhan kami.’

Nabi Muhammad SAW Diperintah Membacakan (menyampaikan) Al-Quran kepada Jin

Nabi Muhammad SAW Diperintah Membacakan (menyampaikan) Al-Quran kepada Jin

Bahkan dalam satu hadits disebutkan, dari riwayat Ibnu Mas’ud Nabi SAW bersabda : Artinya : Aku juga diutuskan kepada Jin. Hadits lain menyebutkan Nabi SAW bersabda: Artinya: Aku diperintah membacakan (menyampaikan) Al-Quran kepada Jin.

Disini sangat jelas bila ada sebagian golongan Jin yang mukmin. Termasuk dalam golongan pembangkang adalah:

1. Iblis

Seperti tertuang dalam ayat Al-Qur’an surat Al-Baqaroh: 34: Artinya: Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada malaikat; Bersujudlah kepada Adam; Maka mereka bersujud selain daripada Iblis.

Bangsa Iblis ini golongan Jin yang sangat jahat, bahkan Allah telah menangguhkan umurnya hingga akhir zaman dalam tugasnya untuk menyesatkan manusia, seperti yang tertulis dalam Al-Quran surat Shad: 80-81: Artinya: Allah berfirman : ‘Sesungguhnya kamu (bangsa Iblis) termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari kiamat)’.

2. Syaitan

Seperti tertuang dalam ayat Al-Qur’an surat Al-An’am: 112: Kutipannya : Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan dari bangsa manusia (orang yang memiliki sifat dasar seperti syaitan) dan dari bangsa Jin.

3. Ifrit, Maradah, A’wan, Ghawwashun, Thayyarun, Tawabi’,Qurona’, ‘Ammar dsb.

Dimana mereka bertugas untuk menipu daya manusia agar mengikuti jejak mereka nantinya, yaitu menghuni neraka jahanam.***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’iyyah & Konsultan Usaha Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8***

Komentar ditutup.