Dasar dan Konsep Spiritual HypnOtivation Therapy (SHOT) Indonesia


DASAR & KONSEP SPIRITUAL HYPNOTIVATION THERAPY—|| HYPNOSIS SHOT-INDONESIA 

Dasar Hukum Hypnosis SHOT-Indonesia

Owner and Trainer Hypnosis SHOT-Indonesia

Owner and Trainer Hypnosis SHOT-Indonesia

(CIAMIS,03/08/2016). Hypnosis SHOT-Indonesia: The Spiritual HypnOtivation Therapy (SHOT) adalah hasil karya kreatif dan inovasi dalam bidang ilmu psyikologi dan hypnosis karya anak bangsa Indonesia, tentu sangat penting kekayaan intelektual ini di-hak patenkan/hak cipta. Saat ini sudah kami ajukan untuk mendapatkan hak paten/hak cipta, tinggal menunggu beberapa bulan lagi turun dari Jakarta. Sementara buku yang diterbitkan Tahun 2014 tentang Hypnosis SHOT-Indonesia, karya Dr. Gumilar, S.Pd.,MM., CH., CHt., pNNLP, telah mendapatkan ISBN (International Standard  Book Number).

Logo LKP-Nurul FirdausHypnosis SHOT-Indonesia disosialisasikan melalui Courses and Training Institution Nurul Firdaus yang didirikan bernaung di bawah Yayasan R. Gahara berdasarkan Akta Notaris: No.  03, Tanggal 18 September 2000, Notaris: Drs. Abu Kasim, SH, Terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri No: 85 Tahun 2000, NPWP: 01.980.443.4-425.000. LKP Nurul Firdaus telah memiliki Ijin Lembaga Kursus dan Pelatihan  Nomor: 421.9/2141-Disdik/2011, Tanggal 19 Juli 2011 dan Ijin Program Nomor: 421.9/2142-Disdik 2011, Tanggal 19 Juli 2011, serta NILEK (Nomor Induk Lembaga Kursus) dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Dasar Pemikiran Hypnosis SHOT-Indonesia

Dalam nuansa modern yang serba berteknologi, manusia saat ini dihadapkan pada suatu kecanggihan teknologi yang tiada berpenghabisan. Sehingga sebagian besar dari mereka terus mengikuti pembaharuan demi pembaharuan tersebut tanpa melihat kemana arah dari kemajuan akan berpenghujung. Semakin canggih mereka mengikuti perkembangan zaman, maka semakin kering kerontang jiwa yang mereka rasakan. Mereka melupakan sesuatu makna hidup yang di dalamnya terkandung visi dan misi spiritual, hingga terus menjadi budak dan bawahan dari nafsu yang terus mengajak dirinya menuju kehancuran. Semua ativitas dalam kehidupan sangat bijak apabila semua disandarkan/berbasis spiritual. Berbasis pada ridhlo Allah SWT.

Saya teringat sebuah ayat Al-Qur’an: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik”. Demikianlah Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 125. Firman Allah tersebut menjadi tolok ukur setiap manusia dalam mengajak manusia lain ke arah yang lebih baik dengan pelajaran yang baik pula.

Berdasarkan hasil penelitian pakar psykologi, bahwa pikiran yang sehari-hari kita gunakan ini hanya sekitar 10-12 % dari total pikiran kita, sehingga ada wilayah yang lebih besar diluar kontrol pikiran sadar kita. Wilayah itu adalah wilayah pikiran bawah sadar. Justru bagian ini yang mengendalikan kita karena hampir 88 % dari seluruh pikiran kita. Pengalaman batin apa saja yang pernah kita alami semua tersimpan disini. Pikiran bawah sadar berisi : belief, value, imagination  dan intuisi.

Spiritual–HypnOtivation salah satu alternatif teknik dan mindset untuk bisa meraih kesuksesan dan kebahagian hidup di dunia dan di akhirat dengan menjadikan diri sendiri sebagai motivator dan khalifah atau panglima bagi hawa nafsu diri hingga pada akhirnya berujung pada penemuan sebuah makna hidup yang terkandung visi dan misi spiritual didalamnya.  Kami telah mengembangkan suatu metoda SHOT (Spiritual-HypnOtivation Therapy)  yaitu proses pengembangan diri dengan menggabungkan konsep sugesti-sugesti positif yang berspiritual melalui proses hypnosis dan hypnotherapy. Dengan melalui program Spiritual-Hypnotivation, penanaman visi dan misi spiritual akan tertanam lebih dalam melalui teknik hypnotherapy yang akan langsung memprogram alam bawah sadar sehingga seseorang dapat termotivasi untuk meraih kesuksesan. Program ini menawarkan suatu kunci keberhasilan untuk memaksimalkan semua potensi-potensi pada dirinya menjadi seorang yang professional apapun profesinya yang berbasis spiritual. Program ini sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa, karyawan, pelaku bisnis dan semua kalangan masyarakat yang selalu beraktivitas dan bersosialisasi dengan orang.

Sejarah Hypnosis SHOT-Indonesia

Sejak tahun 2006 Hypnosis SHOT-Indonesia di buat berdasarkan hasil dari pemikiran dan berbagai ujicoba Dr. Gumilar, S.Pd.,MM dan didukung oleh hasil penelitian ilmiah lainnya dari para pakar pendidikan telah menyimpulkan berdampak positif dan signifikan untuk alternatif therapy melalui hypnosis.

Namun baru disosialisasikan mulai tahun 2010 kepada masyarakat. Dalam melakukan sosialisasi Hypnosis SHOT-Indonesia,  Dr. Gumilar, S.Pd.,MM, CH., ,CHt.,CCH.,CI., setiap pelatihan atau pun therapy dibantu oleh: Lala Manggala, S.Pd.I.,CY., Yudi Setiana, S.Pd.I.,CH.,CHt., Rohdian Al-Ahad, CH., CCH.,CHt., Abu Bakar Bin Ahmad Mansor, CH., CCH.,CHt. Dan Hafid Assyfa, S.Pd.I.   Dibantu juga oleh specialist trainer  Dr.(c) Ade G. Iskandar, SE.,MM (Hypnomarketing); dan  Dr. Nana Herdiana, SE.,MM (Hypnoleadership) Melaksanakan pelatihan setiap hari Sabtu dan Minggu untuk Pelajar, Mahasiswa, Ekesekutif, Legislatif, dan Umum. Semua trainer SHOT-Indonesia yang tergabung dalam Courses and Training Institution Nurul Firdaus memiliki certyficate dari The Indonesian  Board of  Hypnotherapy (IBH), yang bergelar CH (Certified Hypnotist), C.Ht., (Certified Hypnotherapist), dan CI (Certified Instructoor). Sedangkan gelar CCH (Client Centered Hypnotherapist) diperoleh dari ISHH (Indonesia School Hypnosis and Hipnotherapist).

Konsep Hypnosis SHOT-Indonesia

Konsep Hypnosis SHOT (Spiritual – HypnOtivation Therapy) berbeda dengan banyak konsep-konsep hypnosis yang telah ada dan berkembang saat ini. Penggabungan (4) empat dimensi Spiritual, Hypnosis, Motivation dan Therapy yang dianggap sulit dan tidak mungkin telah terbukti efektivitasnya. Temuan konsep dengan menggunakan sebuah perubahan pola pikir melalui Hypnosis,  Motivation, Therapy  dan pola sikap yang dihasilkan dari perjalanan Spiritual melalui konsep Islam, di gabungkan maka muncullah sebuah perubahan pola pikir (mindset) dan pola sikap yang seimbang antara pikiran dan qolbu.

S-Spiritual menurut kamus Webster (1963) asal katanya adalah spirit yang berasal dari kata benda bahasa latin ‘Spiritus” berarti nafas (breath) dan kata kerja “Spirare” yang berarti bernafas. Melihat asal katanya, untuk hidup adalah untuk bernafas, dan memiliki nafas artinya memiliki spirit. Menjadi spiritual berarti mempunyai ikatan yang lebih kepada hal yang bersifat kerohanian atau kejiwaan dibandingkan hal yang bersifat fisik atau material. Spiritual merupakan kebangkitan atau pencerahan diri dalam mencapai makna hidup dan tujuan hidup. Spiritual merupakan bagian esensial dari keseluruhan kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Spiritual dapat merupakan ekspresi dari kehidupan yang dipersepsikan lebih tinggi, lebih kompleks atau lebih terintegrasi dalam pandangan hidup seseorang, dan lebih dari pada hal yang bersifat indrawi. Salah satu aspek dari menjadi spiritual adalah memiliki arah tujuan, yang secara terus menerus meningkatkan kebijaksanaan dan kekuatan berkehendak dari seseorang, mencapai hubungan yang lebih dekat dengan ketuhanan dan alam semesta dan menghilangkan ilusi dari gagasan salah yang berasal dari alat indra, perasaan, dan pikiran. Pihak lain mengatakan bahwa aspek spiritual memiliki dua proses, pertama proses ke atas yang merupakan tumbuhnya kekuatan internal yang mengubah hubungan seseorang dengan Tuhan, kedua proses ke bawah yang ditandai dengan peningkatan realitas fisik seseorang akibat perubahan internal.

H-Hipnoterapy adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari manfaat sugesti untuk mengatasi masalah pikiran, perasaan dan perilaku. Jika Anda mengikuti hipnoterapy, Anda akan dibimbing memasuki kondisi trance (relaksasi pikiran) agar pikiran Anda siap menerima sugesti yang diberikan oleh hypnotherapist (ahli hipnotherapy). Dalam kondisi trance tersebut, pikiran bawah sadar Anda akan diberi sugesti-sugesti positif untuk penyembuhan suatu gangguan psikologis atau untuk mengubah pikiran, perasaan, dan perilaku menjadi lebih baik.

m-O-tivation seringkali diartikan dengan istilah dorongan. Dorongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Jadi motif tersebut merupakan suatu driving-force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu di mulai dengan motivasi (niat). Menurut Davies, “Motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas.” Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Seberapa kuat motivasi yang dimiliki individu akan banyak menentukan terhadap kualitas perilaku yang ditampilkannya, baik dalam konteks belajar, bekerja maupun dalam kehidupan lainnya.

T-Therapy adalah “usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit”. Tidak disebut ‘usaha medis’ dan juga tidak disebut menyembuhkan penyakit. Namun banyak dari para ahli medis menggunakan therapy sebagai suatu usaha pemulihan kesehatan. Maka kita bisa paham bahwa therapy adalah lebih luas daripada sekadar pengobatan atau perawatan. Apa yang dapat memberi kesenangan, baik fisik maupun mental, pada seseorang yang sedang sakit dapat dianggap therapy.

Hypnotherapy SHOT-Indonesia dapat Membantu Menuntaskan Masalah.

Hypnotherapy berbeda dengan hipnotist. Seorang hypnotist (orang yang melakukan hypnosis) belum tentu bisa mentherapy, akan tetapi seorang Hypnotherapist sudah pasti dapat menghipnotis dan dengan teknik dan prosedur keilmuannya yang dipelajari secara ilmiah, maka seorang hypnotherapist tentu dapat mengatasi problem psikologis. Demikian pula para hypnotherapys SHOT-Indonesia juga dapat mendorong dirinya atau orang lain memecahkan masalah melalui metode/teknik SHOT (Spiritual HypnOtivation Therapy).

The Owner Hypnosis SHOT-Indonesia

Setiap kata yang muncul tentang Hypnosis SHOT Indonesia identik dengan sosok  yang lebih dikenal dengan Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.

Gumilar  adalah seorang praktisi dan akademisi yang fokus dalam bidang Ilmu Administrasi Pendidikan, sesuai gelar Doktor Ilmu Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, yang dapat diraih hanya dua tahun tamat. Namun Ia  berupaya untuk menembus berbagai disiplin ilmu pengetahuan pemberdayaan diri, mulai dari pemberdayaan olah pikiran sampai dengan pemberdayaan spiritual.

Gumilar menaruh minat yang sangat besar terhadap berbagai hal yang terkait dengan   human basic potention of scientiefic-research, dimana hal ini membimbingnya untuk bersentuhan dengan beragam pengetahuan mengenai manusia & alam semesta serta Tuhan YME.

Ia banyak menyerap pemikiran para ilmuwan  tentang human empowering dan tokoh spiritual dari berbagai dimensi pengetahuan, mulai dari tokoh Abah Anom (K.H. Sohibulwafa Tajularifien) pendiri TQN (Toreqat Qodariyah wan Naqsabandiyah) Pesantren Suryalaya,……………………, sampai dengan ilmuwan dari barat/timur yang terkenal.

Dalam kesehariannya Gumilar  aktif dengan berbagai kegiatan sebagai Dosen Pascasarjana di beberapa Perguruan Tinggi, Motivational Speaker, Trainer, Coach,  dan Counsellor.

Sebagai seorang yang mencintai dunia pendidikan dan kependidikan, Gumilar telah mengajarkan berbagai pengetahuan kepada ribuan orang di lingkup Indonesia. Para alumninya terdiri dari berbagai kalangan strata dan profesi, mulai dari para Psikolog, Psikiater, Dokter dari berbagai spesialisasi lainnya, Pebisnis, Politisi, Militer, para Trainer Pemberdayaan Diri & Motivator, Selebriti, Penghusada & para Tokoh Spiritual.

Di suatu hari nanti, Gumilar  akan hadir di tepat depan Anda dengan senyum manisnya, bahkan mungkin akan menjadi salah satu dari friendship and partnership Anda!***


Melayani Hypnotherapi, Hypnotis Training, Ruqyah Syar’iyyah & Konsultan Usaha Hubungi: Dr.Gumilar,S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP, Contact Person HP. 081323230058, PIN BB 58640EF8.***

Komentar ditutup.