MESANTREN & SMK FARMASI || Program Studi Keahlian Farmasi Klinis & Komunitas || SMK Nurul Firdaus


Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH.,CHt.,pNNLP

(CIAMIS, 20/04/2022). SMK Nurul Firdaus yang menggeluti Kefarmasian, Progli Farmasi Klinis dan Komunitas, mendidik siswanya menjadi beradab, berilmu, siap kerja atau masuk perguruan tinggi, berkualitas dan berdaya saing. Lulusanya siap kerja cerdas dan kompetitif.

Program keahlian (Progli) Farmasi Klinis dan Komunitas, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi Nurul Firdaus didukung oleh sarana dan prasarana penunjang yang mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi dunia usaha dan dunia industry yang semakin pesat perkembanganya.

Kompetensi lebih diarahkan kepada siswa agar menjadi, tenaga ahli yang professional, terampil, dan siap kerja atau Providing Quality Education to Create Professional Individual.

Sarana prasarana penujang yang dimiliki oleh SMK Nurul Firdaus, tersedia sangat memadai diantaranya ruang kelas yang nyaman, asrama putra dan putri yang representatif, wifi, laboratorium farmasi, toilet, dan masjid.

Sedangkan materi pembelajaran yang diberikan adalah pengetahuan mengenai dasar-dasar kefarmasian, farmakologi, farmakognosi, ilmu resep, dan pelayanan farmasi.

Praktek kerja lapangan bagi para siswa, SMK Farmasi Nurul Firdaus, bekerja sama dengan beberapa perusahaan nasional seperti PT. Sanbe Farma dan masih banyak lagi.

Menurut Dr. Gumilar, S.Pd., MM.,CH.,C.Ht., pNNLP, CEO Nurul Firdaus, pembelajaran juga ditunjang dengan pendidikan agama Islam yang berbasis pondok pesantren melalui program ‘Ayo Mondok’, diharapkan akan membuat para siswa SMK Farmasi Nurul Firdaus selain cerdas dan terampil juga taat beribadah dan menguasai ilmu keagamaan secara baik

“Siswa tidak hanya didik agar cerdas secara intelektual dengan memiliki Intelectual Quotient (IQ) di atas rata-rata, namun juga memiliki kecerdasan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) sehingga menjadi pribadi yang kuat secara lahir dan batin,” kata Gumilar menjelaskan secara detail.

Slogan SMK Bisa, tambah Gumilar, merupakan motivasi dari pemerintah untuk mendorong lulusan sekolah kejuruan siap secara fisik dan jasmani dalam menghadapi realitas dunia kerja dan segala tantanganya

“Namun bedanya bagi lulusan SMK Farmasi Nurul Firdaus, selain akan mampu menjawab semua tantangan dunia kerja, mereka juga akan mampu menjawab tantangan pada kehidupan sosial,” ujarnya menambahkan.

Hal ini, lanjut Gumilar, karena SMK Farmasi Nurul Firdaus, memiliki metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolah kejuruan lainya yang ada.

“Program ‘Ayo Mondok’ merupakan inovasi kami untuk meminimalisir pengaruh dari Hidden Teacher akibat kemajuan teknologi yang dapat mengganggu perkembangan mental para siswa,” pungkasnya.***